Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek

  • Attribute = Bagian-bagian yang ada pada objek tersebut.
  • Behavior = yaitu terhadap objek tersebut
  • Attribute: Scope, Gas, Caliber, Peluru.
  • Behavior : Cara Menembak, Cara Mengisi Ulang Peluru, Cara Mengamankan Senapan, Cara Merawat Senapan.

     

Karakteristik OOP (Object-Oriented Programming)

  • Abstarction merupakan suatu system yang design dalam bentuk yang lebih sederhana, yaitu sebagai subsistem yang saling berhubungan. Contoh Abstraction Senapan : Kumpulan system Pegas, system pengamanan senjata, system pengisian peluru.
  • Modularity : Pemisahan dari object-object lain. Contoh modularity pada Senapan :

 

  • Encapsulation : Penyembunyian suatu proses system untuk menghindari interferensi dan menyederhanakan penggunaan system itu sendiri.
  1. Tombol Pengaman
  2. Pengisian Peluru

 

  • Inheritance : Suatu class dapat menurunkan atribut dan method dari class sebelumnya, kepada class lain atau subclass. contoh Inheritance Senapan :

 

    

  • Polymorphism : Suatu object dapat memiliki beragam, sebagai object dari classnya sendiri atau object dari superclassnya.

 

Penggunaan Class, Object, Atribut dan Method

  
 

By Roby

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s