Seni Tap Dance….

 

Sejarahnya…

Tap Dance berakar pada Irlandia Step Dance, dan tarian budak hitam, seperti Juba. Hal ini diyakini dapat dijumpai mulai di pertengahan 1800-an selama bangkitnya pertunjukan nyanyi dan tari, di mana pemain Irlandia akan meniru orang kulit hitam selatan dan menyindir bentuk tarian mereka sambil memasukkan Step Dance. Dalam Perkembangannya, pemain kulit hitam mengenakan yang mengenakan Blackface akan memainkan peran di mana mereka akan meniru imitasi Irlandia terhadap bentuk tarian kulit hitam, dan berlanjut pada pencampuran keduanya. Tokoh Terkenal sebagai Master Juba, William Henry Lane menjadi salah satu pemain hitam yang bergabung dengan rombongan penyanyi kulit putih yang lain , dan secara luas dianggap sebagai nenek moyang yang paling terkenal dari seni Tap Dance.

Broadway Tap dan Rhytm Tap…

Tap dance adalah bentuk tarian yang bercirikan dengan menggunakan sepatu seseorang, serta lantai kayu, sebagai instrumen perkusi. Dengan demikian, Tap Dance sering dianggap sebagai bentuk musik juga. Dua variasi pada Tap Dance ada, rhythm (Jazz) tap dan Broadway tap. Broadway tap berfokus lebih pada sisi tari, dan secara luas dilakukan sebagai bagian dari teater musikal. Rhythm tap berfokus hanya pada sisi musik, dan menjadi bagian dari tradisi Jazz.

Di Indonesia…

Sedangkan di Indonesia ada satu grup band yang menyisipkan “Tap Dance” ketika mereka manggung. Band Tersebut ialah MOCCA. Band asal Bandung ini Sudah Go International! sang vokalis, Arina kerap kali menampilkan Tap Dance Ketika menyanyikan lagu “Secret Admirer“.

Video MOCCA

Terima kasih.

Refrensi : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8543760

By Roby

2 comments on “Seni Tap Dance….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s